TERNYATA INI DAMPAK JIKA MEMAKSAKAN ANAK MASUK SEKOLAH SEBELUM BERUSIA 7 TAHUN

Selamat Datang Dan Salam Sejahtera untuk guru-guru semua KEMENDIKBUDGO.COM- Saat ini banyak SD (sekolah dasar) yang memberi syarat usia minimal 7 tahun bagi calon peserta didik. Hal ini mungkin menjadi masalah tersendiri bagi orang tua yang hendak menyekolahkan anaknya yang belum genap usia 7 tahun.

"Sistem pendidikan di SD dan TK (taman kanak-kanak) berbeda. Bila anak masih TK mereka masih bebas untuk tidak masuk atau tidak terbebani oleh tugas, sedangkan anak SD sudah harus tanggung jawab dengan tugas, ulangan, dan pelajaran yang harus diikuti," kata Maria Limyati MPsi, dosen Universitas Sanata Daharma, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.


Maka dari itu, Maria menyarankan agar orang tua tidak memaksakan anak yang berusia kurang dari 7 tahun untuk bersekolah. Hal ini karena usia 7 tahun dianggap sudah matang secara emosional, motorik, kognitif, dan lebih siap saat memasuki lingkungan baru mereka. 

"Jadi kalau menurut tahapan perkembangan, usia 7 tahun itu termasuk ke tahap school child (middle childhood).

Sedangkan pada usia 3-6 tahun itu early childhood. Kenapa dibedakan? Karena banyak kemampuan yang berkembang secara berbeda tiap tahapan usia walaupun ada juga anak yang berkembang lebih cepat dibandingkan dengan usia seharusnya," tutur wanita yang juga sebagai Education & Counselling Coordinator di Sekolah Musik Indonesia saat dihubungi detikHealth.

BACA LANJUTANYA DI HALAMAN 2

Belum ada Komentar untuk "TERNYATA INI DAMPAK JIKA MEMAKSAKAN ANAK MASUK SEKOLAH SEBELUM BERUSIA 7 TAHUN"

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel