Ini Fakta Kelam di Balik Biaya Pendidikan Gratis di 4 Negara Maju

Selamat Datang Dan Salam Sejahtera untuk guru-guru semua KEMENDIKBUDGO.COM- Fasilitas biaya pendidikan gratis menjadi bentuk bantuan pemerintah yang banyak didapat penduduk negara maju. Mereka yang tinggal di Prancis, Jerman, Denmark dan Swedia sudah kenal betul akan hal ini.

Bahkan ada negara yang rela menanggung semua biaya pendidikan di tingkat Universitas. Akhirnya, para mahasiswa pun bisa lulus tanpa memiliki utang sama sekali.

Meski demikian, ada fakta tersembunyi di balik subsidi pembiayaan pendidikan oleh pemerintah negara maju ini. Berikut ulasannya dilansir dari Business Insider:


1. Prancis

Universitas negeri di Prancis memberlakukan biaya pendidikan gratis bagi mahasiswanya. Namun subsidi tersebut belum termasuk asuransi kesehatan sebesar US$ 237 yang harus dibayarkan.

Ditambah biaya hidup di Prancis juga tinggi. Walau mahasiswa di sana bisa menikmati pendidikan tanpa memikirkan biaya, banyak mahasiswa di Prancis yang tetap harus bekerja paruh waktu demi mendapat uang untuk kebutuhan sehari-hari.

Alhasil, ini akhirnya berpengaruh pada lama masa studi beberapa mahasiswa. Tak jarang, mereka pun harus lulus lebih lama.

2. Jerman

Meski pendidikan tinggi di Jerman tidak sepenuhnya gratis, biaya kuliah di negara ini termasuk salah satu yang termurah di dunia. Tapi tetap ada tantangan yang harus mahasiswa hadapi saat berkuliah di negara ini.

Menurut penuturan salah satu penduduk di sana, rasio antara dosen dan mahasiswa sangatlah besar. Akibatnya, mahasiswa memiliki jadwal kelas yang lebih sedikit dan waktu terbatas untuk bertemu dosen.

LANJUT BACA HALAMAN 2

Belum ada Komentar untuk "Ini Fakta Kelam di Balik Biaya Pendidikan Gratis di 4 Negara Maju"

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel